Jumat, 6 Agustus 2021

“Hai pengawal, masih lama malam ini?” [Yes 21:11]


Musuh-musuh macam apakah yang berkeliaran? Kesesatan seumpama gerombolan besar, dan yang baru timbul setiap jam: terhadap ajaran sesat apakah saya harus berjaga-jaga? Dosa-dosa mengendap-endap dari tempat persembunyiannya ketika kegelapan merajarela; saya sendiri harus naik ke menara jaga, supaya kamu dapat berdoa [1 Pet 4:7]. Pelindung surgawi kita melihat terlebih dahulu semua serangan yang akan ditujukan kepada kita, dan ketika segala kejahatan yang dirancangkan bagi kita adalah dalam kehendak Iblis, Dia berdoa untuk kita supaya iman kita tidak gagal, ketika kita diayak seperti gandum. Teruslah, O Pengawal yang murah hati, memperingatkan kita terlebih dahulu akan musuh-musuh kita, dan demi kota Sion janganlah menahan damai-Mu.

“Hai pengawal, masih lama malam ini?” Cuaca apakah yang sedang datang kepada Jemaat? Apakah awan-awan sedang turun, atau apakah segalanya jelas dan lancar di depan? Kita harus mempedulikan Jemaat Allah dengan kasih yang bergairah; dan ketika pengajaran Kepausan dan ketidaksetiaan dua-duanya mengancam, biarlah kita menyelidiki tanda-tanda zaman dan bersiap perang.

“Hai pengawal, masih lama malam ini?” Bintang-bintang apakah yang terlihat? Janji-janji berharga apakah yang cocok dengan kondisi kita saat ini? Bunyikanlah alarm, berikan kami juga ketenangan. Kristus, bintang utara, selalu tetap di tempatnya, dan semua bintang terjamin dalam tangan kanan Tuhan mereka.

Tetapi pengawal, kapan pagi datang? Mempelai Pria berlambat-lambat. Apakah tidak ada tanda-tanda dari kedatangan-Nya sebagai surya kebenaran? Tidakkah bintang fajar terbit sebagai janji siang datang? Kapankah siang akan datang, dan bayangan melarikan diri? O Yesus, jika Engkau sendiri tidak datang kepada Jemaat-Mu yang menantikan Engkau hari ini, datanglah dalam Roh kepada hati saya yang mengeluh, dan membuatnya bernyanyi demi sukacita.

    “Sekarang seluruh bumi terang dan bergembira
    dengan pagi yang segar;
    Tetapi seluruh hatiku dingin, dan gelap dan sedih:
    Matahari Jiwaku, biarkanlah aku melihat fajar-Mu!
    Datanglah, Yesus, Tuhan,
    O, segeralah datang, menurut Firman-Mu.”
____________________

RENUNGAN PAGI (diterjemahkan dari Morning and Evening: Daily Readings, Charles H. Spurgeon).
Isi renungan ini bebas untuk disalin dan disebarluaskan.

BAGIKAN MELALUI

Unfortunately, we currently do not have English devotions available.